Jumat, 09 September 2016

KNPB MEMEDIASI RAKYAT PAPUA LAKUKAN IBADAH SYUKURAN ATAS DEKLARASI PCWP DAN MENDUKUNGAN PETEMUAN PIF

Aksi Dukungan KNPB terhadap PIF
Jayapura KNPB News 09 September 2016. Komite Nasional Papua Barat (KNPB) sebagai media  rakyat kembali memediasi rakyat Papua untuk melaksanakan Ibadah dukungan atas pertemuan Pasific Island Forum  (PIF) di Pohnpei negara federasi Mikronesia 7-11 september 2016  dan menyampaikan terima kasih kepada negara Pasifik yang bergabung dalam koalisi Pasific untuk Papua,  Pasific Coalition For West Papua (PCWP) yang telah melaksanakan pertemuan pada tanggal 2-  6 September 2016 di honolulu Hawai.

Ibadah dukungan PIF dan  syukuran sambut koalisi pasifik untuk Papua Barat PCWP ini sekaligus mendukung pertemuan PIF ini dilaksanakan di halaman Asrama Uncen  Rusenawa Perumna III waena Holandia Papua Barat.  Ibadah  syukuran tersebut dimulai pada pukul 14.20 WPB itu sampai dengan berakhir pada pukul 17. 40 WPB .
Ibadah singkat dipimpin oleh Pdt. J Jitmau, Pdt jitmau dalam orang papua tidak perlu merasa minder dan takut dan teruslah berjuang untuk tanah yang tuhan berikan ini sesui dengan kidungagung Pasal 1:5 dan Imamat Pasal 25 : 13.
Pdt J Jitmau mengatakan tuhan berikan tanah kita masing-masing oleh karena itu rakyat papua harus berjuang ituk merebut tanah ini tegasnya.
Setelah ibadah selesai ibadah dilanjutkan dengan pernyatan dukungan  oleh Ketua  I KNPB pusat Agus Kossay sekaligus membacakan pernyataan dukungan ucapan terima kasih  yang dibacakan oleh sekertaris  I KNPB pusat Mecky Yeimo.
Agus Kossay dalam sambutanya mengatakan perjuagan bangsa Papua untuk menutut hak penetuan nasib sendiri bukan perjuagan di dalam negeri namun menjadi perjuang dunia katanya. Lebih lanjut agus mengatakan saat ini perjuagan Papua sudah didukung oleh saudara-saudari kita di pasifik selatan. Baik Melanesia , Mikronesia dan poleniasia, kami tidak sendirian semua orang sedang mendukung perjuangan rakyat Papua.
Oleh karena itu kami bangsa papua sambut baik dan menyampaikan terima kasih atas pertemuan koalisi pasifik untuk Papua Barat, terlebih khusus kami menyampaikan terima Kasih kepada Rebuplik Nauru, Kerajaan Tonga, Rebuplik kepulauan Marshal, Vanuatu dan Pemerintah Salomon Island  serta Organisasi Sipil, gereja  dan seluruh rakyat Pasifik atas dukungan anda sekalian melalui  Pasific Coalition for west Papua ( PCWP) di Honolulu Hawai;
Kami rakyat papua sorong sampai merauke dan di luar negeri mendukung penuh KTT Pasific Island Forum (PIF ) yang ke 47 di Pohnpei negara federasi Mikronesia , dengan harapan para peminpin PIF meperhatikan Hak penetuan Nasib sendiri bagi bansa Papua barat sesuai dengan resolusi majelis Umum  PBB nomor 1514 dan 1541.
Lebih lanjut Agus Kosay ketua I KNPB pusat itu mengatakan rakyat Papua barat segera menyipkan diri untuk turun jalan demontrasi damai tutut referendum sambut sidang Tahunan PBB dalam waktu dekat kata tegas Agus mengahiri sambutanya.
Pada pukul 16.30 parnyatan dukungan dan sambut PCWP yang bacakan KNPB pusat diserahkan kepada PNWP sebagai lembaga politik bangsa Papua sekaligus juga salah satu wadah yang membentuk ULMWP.
Dalam pernyataan dukungan adalah :
1. Kami bangsa Papua barat sambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada Rebuplik Nauru, Kerajaan Tonga, Rebuplik kepulauan Marshal, Vanuatu dan Pemerintah Salomon Island  atas tebentuknya Pasific Coalition for west Papua ( PCWP) di Honolulu Hawai;
2. Kami rakyat papua mendukung penuh pertemuan Pasific Island Forum (PIF ) yang ke 47 di Pohnpei negara federasi Mikronesia , dengan harapan para peminpin PIF meperhatikan Hak penetuan Nasib sendiri bagi bansa Papua barat sesuai dengan resolusi majelis Umum  PBB nomor 1514 dan 1541.
3. Medesak kepada PBB segera mengirim tim  pemantau hak penetuan nasib sendiri sesuai dengan deklarasi Westminster ( International Supervised Vote For West Papua 3 Mei 2016 di Inggris.  Karena  pelaksanaan Pepera atau   (act of free choice) tahun 1969 cacat hukum dan moral dan  melanggar prinsip" act of free choice, dalam perjanjian New York Agreement 1962.

Stekmen politik atau pernyatan dukungan Rakyat Papua ini diteriama oleh Wakil Ketua PNWP Wilayah Sairey  , dan  Wakil ketua PNWP wilayah Ha Anim Ibu Panggresia Yem, didampigi  Anggota PNWP Rafael Nakime,  Yohanes Puray dan Sem Asso bersama anggota PNWP lainya.
Setelah menerima pernyataan dukungan Rakyat Papua terhadap PIF oleh Anggota PNWP  wilayah Domberay Rafael Nakime mengatakan Bangsa Papua barat memiliki hak yang sama dengan bangsa-bangsa  lain untuk menetukan naib sendiri (self determination ).  berdasarkan perjanjian new York Agreement karena hak itu belum dilaksanakan secara konsisten oleh indeonesia di bawah juridiksi hukum internasional  kata Rafael. Lebih lanjut rakyat Papua untuk teruslah berjuang sebab hak kita belum dipenuhi oleh PBB Indonesia sebagi anggota PBB. lebih lanjut Rafael mengatakan Aspirasi dukungan rakyat yang disampaikan oleh KNPB mewakili bangsa Papua ini kami akan melanjutkan sesui dengan mekanisme yang ada di PNWP tegasnya.

Kemudian Wakil ketua PNWP Wilayah Haa Anim Panggresia Yem mengatakan kami bangsa Papua berjuang untuk hak politik yang dilanggar oleh indonesia melalui pepera 1969 yang cacat hukum dan moral serta melanggar standar dan prinsip-prinsip hukum internasional.
Oleh karena itu kami bangsa Papua barat mempunyai hak untuk menkuugat indonesia di mahkama Internasional karena indonesia tidak patuhi prinsip hukum internasional tegas Panggresia Yem.

Dari pantauan KNPB news ibadah syukuran dan dukungan terhadap pertemuan PIF ini bukan hanya melakukan ibadah namun ada beberapa vocal Grup disiapkan untuk membawah lagu dalam kegitan tersebut.

Semua rangkaian kegiatan selesai pada pukul 17.40 wpb masa membubarkan diri secara aman dan tertib.
Berikut Foto-foto




























SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar: