Sabtu, 16 Juli 2016

IniKronologi Represi Terhadap Mahasiswa Papua di Yogyakarta

Salah Satu Mahasisa Diinjak kepalanya oleh polisi di Jokya
PadaJumat, 15 Juli 2016, Persatuan Rakyat untukPembebasan Papua Barat (PRPPB) berencanamengadakan long march denganruteAsramaMahasiswa Papua Kamasan I (Jl. Kusumanegara) sampaiTitikNol KM, pk 09.00 – selesai. Long March diadakandalamrangkamenyatakandukunganpada ULMWP untukmenjadianggotapenuh MSG, danmemperjuangkanhakmenentukannasibsendirisebagaisolusidemokratispada Papua Barat.
Namunaksidamaiinimendapatkanancamandanrepresidariaparatkepolisiandankelompokreaksioner. Berikutkronologikejadian:
Kamis, 14 Juli 2016
Pukul 16.53 WIB narahubung PRPPB mendapat SMS anonim: “KAFIR!!!!! lagi2 Antek-antekSeparatis yang mengatasnamakanAliansiMahasiswa Papua Jogjakarta akanmengadakangerakanmakardenganaksiturunkejalan yang menyuarakan PAPUA MERDEKA, PAPUA BUKAN INDONESIA yang membawaatributBintangKejora, PakaianadatsertasenjatatradisionalmerekapadahariJumat 15 juli 2016 di Nol KM Yogyakarta.
Iniadalahke 2 kali nyasihitambangsat, KAFIR LAKNATULLAH itumelakukan demo makar di hariJumat yang manaadalahharinyaUmat Muslim, terlebihaksimerekasebelumnyadilaksanakanpadasaatumatmuslimsedangmelaksanakanibadahpuasaRamdhan.
Kami Masyarakat Muslim JogjadanbersamadenganMasyarakatlainnyaakanbersatuuntukmenggorok leher2 manusia LAKNAT keturunanmonyettersebut, karenakitawargaaslijogjasudahgeramdengantingkahlakuMakarmerekadanbaubusukdaribadanmereka!!!..
Aparatkeamananbaik TNI &PolisiselamainiseolahtakutmenghadapiAksiMakarMereka&selamainiAparatkeamanantelahpilihkasihdalammenegakkanhukumankepada manusia2 hitamtersebut. Mari satukankekuatan, Satukantekat dg seijin ALLAH untukmengusir bedebah2 bangsat, Separatisitudaritanahkita Tanah JOGJA istimewa!!.. 
Kita GagalkanaksiSepartisditanah JOGJA yang istimewaini.. Kota jogjakartakotapelajar, kotabudaya, kotamuslimtanpaSeparatis..  A A LAWAN SEPARATIS!!!! ALLAHUAKBAR…!!! ALLAHUAKBAR…!!! ALLAHUAKBAR…!!! #jogjaAmanTanpaSeparatis #Muslimfigtherselatan #barisaAntiSeparatis&Komunis #JogokaryaFigther #AngkatanMuslimJogja…!!!”
Jumat 15 Juli 2016
Pukul 01.47 WIB, salahsatuanggota PRPPB mendapatkan broadcast: “asalamualaikumwrwb.. segenapanggotalaskarjogja di harapkan di harapkansiagauntukharijumattgl 15 juli 2016.. karenaadaisupapuaakanmengibarkanbenderabintangkejora di titik nol., acaraakan di mulaidaripagi jam 09.00- 13.00 wib.. tolak OPM daribumijogjaistimewa.. harapsiaga di wilayah masing2.. nunggukomandodarisaya..ttd: PANGLIMA LASKARJOGJA..( INDRA mEhong/IndraTatto)
#KpdYthKetuaCabang GM FKPPI harapkoordinasidengananggotanyapersiapanaksi NKRI HARGA MATI ygakankitalaksanakanbesokjumat 15 juli 2016 di depanasramakamasanjl.Kusumanegara, TITIK KUMPUL KITA di: Di depan JEC Jam 08.00 pagi, demikianuntuk GM FKPPI DI,”
Pukul 07.00 WIB aparatkepolisiansudahmulaimengepungAsramaMahasiswa Papua Kamasan I, Jl. Kusumanegara, Yogyakarta. Jalanraya di depanasramadiblokirolehaparat. Pintugerbangasramatidakbisadigunakansebagaipintumasukkarenadiblokadeolehaparat. Kawan-kawanmasukmengunakanpintubelakangasrama.
Pukul 08.00 WIB sekitar 50 orang massaormasPaksiKatontelahberkumpuldanmelakukanapel di timurasrama. 5. Pk 09.40 aksespintubelakangsudahdiketahuiolehaparat, danmerekalangsungmenutuppintuaksespintubelakangdengantrukpolisi. Aparatjugasempatmengedor-gedor, mencobamendobrakpintubelakangasramanamuntidakberhasil. Massa dikurung di dalam, aksesmasukdankeluarditutup. 
\Ada duakawan Papua bersepeda motor datang, akanmasuklewatpintubelakang. Polisiberpakaianpremanmenyetop, menyitasepeda motor mereka. Polisiberpakaianpremanada yang intimidatifberkata, “Kamukirapolisitakut, ya?! Kita bisahabisi kalian!” Kawan yang dirampassepedamotornyamencobamengambil motor terebut. Polisimarah, terjadiperkelahian.  Polisimengeluarkantembakanperingatan. Kawan Papua tersebutmelarikandirilewatlorongkearahJalanKusumanegaralaluditangkappolisi. Sempatterjadibakuhantamdankawan Papua itudikeroyokbeberapapolisi, iasempatdiinjak-injak.
Pukul 09.50 WIB aparatsemakinmemperkuatpenjagaan di depan. Ada beberapa orang yang akanbergabungkeasramanamundihadangaparat. Satu orang kawandariPerjuanganMahasiswauntukDemokrasi (PMD) yang akanmasukkeasramaditangkappolisi. Tujuh orang yang barupulangdarimembeliubi di pasardanhendakmasukkeasramajugaditangkappolisi. 
Pukul 09.55 WIB, di dalamasrama, massaaksi yang sudahberkumpulmemulai agenda penyampaianorasipolitik di halamanasrama. Pukul 10.00 WIB, adasatukawan Papua yang ditangkapdandisuruhduduk di pinggirjalan, kepanasandengantangandiborgol.
Pukul 10.30 WIB dua orang kawan Papua hendakmasukkeasramalewatgerbangdepan, namunditahananggotaormas, dilarangmasuk. Sempatterjadiaduargumenantarmereka, laluormasmengancamdanmengintimidasisambilmenunjukkanpisau.Pukul 10.40 WIB, sekitarlebihdari 100 orang berseragamPaksiKaton, LaskarJogja, PemudaPancasila, dan FKPPI bergerakkedepanasramadarisekitarlokasi. Merekameneriakkan kata- kata yang sangatrasialis. Massa aksi di dalamasramamampumenahandiridariprovokasi. Tindakrasisinidibiarkanolehaparat. Aparatmembaurbersamamassaormas yang memprovokasi.
Pukul 11.00 WIB, aparatterlihatmenyingkirdaridepanasrama. Korlapaksimenyerukanpadamassa di dalamuntuktenangdantetapberada di dalam, untukmenghindaripenangkapanolehpolisiketikaberjalankeluar.
Di depan Bale Ayu, Timoho, adapemeriksaanpengguna motor olehaparatkepolisian. Kawan-kawan Papua yang lewatdihentikan, diceramahi, danditangkap. Beberapa motor ditahan.
Pukul 14.07 WIB Asramamasihdikepungaparatdanormas. Sekita 150-an kawan yang berada di dalamasramamulailapar. Ubi yang dibeli di PasarGiwangansudahdisitapolisibersamaditahannya 7 orang tadi. PRPPB menyebarkanseruansolidaritaslogistik.
Pukul 16.15 WIB massa PRPPB danmassasolidaritas yang tidakbisamasukasramamelakukanaksimembagiselebaran di pertigaan UIN SunanKalijaga. Aksidiikuti 30-an orang, berjalanlancardanselesaitepatsaatpolisimulaiberdatangan. Tuntutanaksiiniadalah:
1.      Bebaskansemuakawan kami yang ditangkapolehpolisidandikriminalisasi.
2.      BubarkanpasukanaparatdankelompokreaksionerdariAsrama Papua di Kamasan
3.      Kebebasanberkumpul, berserikat, berbicara, menyampaikanpendapatadalahhakasasimanusia yang harusdijamin
4.      BangunSolidaritas Rakyat. LawanRasismedanPertahankanDemokrasi.
Warga Yogyakarta bersolidaritasdanmengumpulkanlogistikberupanasibungkus, minuman, gula, kopi, danmieinstan. Logistikdikumpulkan di markasPalangMerah Indonesia, Kotagede, danrencananyadikirimkandenganmobilAmbulans PMI denganmenimbanghukuminternasional yang menyatakanbahwapalangmerahtidakbolehditahanataudiserang.
Pukul 17.30 WIB, ambulans PMI yang membawalogistiktiba di depanasrama. Ambulansdihentikanolehpolisilaluparkir di seberangjalan. Sopirambulansterlihatbercakap-cakapdenganpolisi. 10 menitkemudianambulanspergitanpamenurunkanlogistiksamasekali.
Pukul 19.25 WIB sekitarlebihdari 150 orang yang terjebakberkumpuldanduduk di dalam aula asramasambilmenyanyikanlagudaerah. Sebagiankawanmembersihkansampah-sampah di halamandepanasrama. Saatmerekasedangmembersihkan, polisimeneriakkan kata-kata: “mengganggupemandangan”. Beberapakawantadikeluardariasramauntukmeresponteriakanpolisi. Polisikemudianmenembakkan gas air matasebanyaktiga kali.
Pukul 22.37 WIB satu orang kawan Papua yang ditangkapmasihditahan di Polda DIY. Tujuh orang lainnyasudahdibebaskansetelahpembuatan BAP. Handphonedarisalahsatukorbanpenangkapanmasihditahan di Polda DIY. LBH Yogyakarta masihmengupayakanpembebasankawan yang ditahan.
Yogyakarta, 15 Juli 2016
Persatuan Rakyat untukPembebasan Papua Barat (PRPPB)


SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar: