Sabtu, 10 Desember 2016

Hari Ham Se-Dunia Rakyat Paua Mendesak Pelopor Khusus PBB Segera Ke Papua

Foto Aksi Demo HARI HAM  (Doc knpb)
Jayapura 10. Desember 2016. Aksi demo damai rakyat Papua dalam Rangka Peringati harI HAM Sedunia yang dimediasi oleh Solidariatas Koraban  Pelanggaran HAM Papua  SKP HAM Papua yang didalamnya berbagai organisasi gerakan perlawanan oraganisasi Pos Moral organisasi pemuda dan Mahasiswa telah melaksanakan aksi di kota Jayapura.

Oraganisasi gerakan maupun organisasi pos moral yang tergabung didalam SKP HAM antara lain: Bersatu untuk kebenaran (BUK) SHDRP, SONAMAPA, WPNA KNPB GARDA-P, FIM, BEM USTJ, Bem UNCEN, PMKRI , Pemuda Katoloik, GMKI, lembaga kemanusiaan  seperti SKP katolik, ELSHAM, ALDP dan juga LBH papua.
Aksi gabungan ini dilakukan di depan kantor pos abepura  dimulai dari sejak pagi pukul  08.00 WPB masa berkumpul di titik kumpul masing-masing dan pada pukul 12.00 WPB masa aksi berkumpul di depan kantor pos abe.

Dari pantauan KNPB News sesuai dengan pembagian tugas komite Nasional Papua barat KNPB ditugaskan di perumnas III waena untuk sebagai titik kumpul masa sedangkan organisasi gerakan lain ditugaskan di setiap titik seperti Expo abe, tanah Hitam Linggaran jayapura dan sekitarnya.
Titik kumpul masa perumnas III waena yang dikordinir oleh KNPB dengan kordinator  titik kumpul masa  Ketua I  KNPB Pusat Agus Kossay dan Cobabe Wanimbo  ini sejak jam 09.00 WPB masa sudah berkumpul di putara takxi  perumnas III waena .  pada pukul 10.30 WPB masa bergerak jalan kaki dari perumnas  menuju abe untuk bergabung dengan masa aksi di depan kantor pos Abepura.

Semua masa aksi berkumpul di abe melakukan melakukan orasi HAM dari berbagai organisasi yang terkabung di dalam SKP HAM papua,  secara bergantian.  Pertama orasi dari BUK , dilanjutkan oleh GMKI, PMKRI BEM USTJ, SHDRP, Sonamapa pemuda katolik, Gempar, KNPB dan organisai lainya.

Ketua I KNPB pusat Agus Kossay dalam orasi politiknya menyatakan bahwa,   pertama akar persoalan papua adalah persoalan politik, Pelangggaran HAM di papua ada kerena politik oleh sebab Itu solusi penyelesaian kasus HAM di Papua adalah hak penentuan Nasib sendiri, Self determination. Lebih lanjut agus mengajak semua organisasi perjuagan dan organisasi HAM dan segera satukan isu yaitu Hak penentuan nasib Sendiri tegasnya.
Yang kedua kami rakayat Papua menolak dengan tegas semua tawaran jakarta dalam bentuk apa pun termasuk Tim bentukan jakarta untuk kasus HAM di Papua dan kami meminta TIM pencari fakta dari pasifik (PIF) kemudian
Yang ketiga Kami mendesak PBB segera kirim pelopor Khusus PBB masuk ke Papua untuk Investigasi pelanggaran HAM di Papua.
Hal yang sama disampaikan oleh Sonamapa BEM USTJ dan BUK, dalam orarasi mereka mengatakan solusi bagi Rakyat Papua adalah HAK penentuan Nasib sendiri dan merdeka, Dan menolak semua janji palsu jakarta dan memi8nta Pelopor khusus PBB masuk ke Papua. Kemudian mereka meminta jurnalis asing dan TIM pencari fakta Masuk ke Papua segera karena Papua darurat HAM.

Dalam aksi tersebut menjadi tuntutan yang dibacakan oleh Kordinator aksi  SKP HAM  Peneas Elopere adalah ;
1. Meminta kepada pemerintah Indonesia agar menghormati dan melindungi Hak  -hak orang asli Papua dalam semua aspek termasuk Hak Hidup
2. Mendesak Jurnalis Internasional segera masuk ke Papua
3. Mendsak kepada presiden Joko widodo segera menyelesaikan kasus pelanggaran HAM Berat seperti Wasior dan Wamena berdara
4. Kepada presiden Joko Widodo segera memenuhi janjinya untuk menyelesaikan kasus Paniai berdara 08 desember 2014

Setelah membacakan stekmen Masa tetap bertahan di tempat dan mendesak 11 aktivis KNPb yang ditangkap kepolisian polsek abe dibebaskan sebelum masa bubar. Pengurus KNPB Pusat Cobabe wanimbo Agus Kosaay Warpo sampai westipo didampingi Peneas Elopere membangun kordinasi dengan Pihak aparat kepolisian sehinggga. Kemudian beberapa perwakilan menuju ke polsek abepura, stelah melakukan negosiasi pada pukul 15.00 WPB 11 aktivis KNPb dibebaskan dari polsek.
Setelah itu pada pukul 15.10 WP masa membubarkan diri  masing-masing sedangkan masa aksi yang dipimpin oleh KNPB dari titik perumnas III Waena jalan kaki menuju Perumnas III Waena.














SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar: